Prof. Dr. H. A. R. Tilaar MScEd, Pendidik Tiada Tanding

Thursday, 27 May 2010 (18:56) | 3,320 views | Print this Article

HAR Tilaar kelahiran Tondano, Sulawesi Utara 16 juni 1932. Semangat belajar dan mengajarnya yang berkobar-kobar tak pernah padam mengalir dari keluarganya dan dia keturunan ketiga dari keluarga guru. Pendidikan dasarnya diselesaikan di sekolah rakyat masa kolonial, kemudian melanjutkan sekolah pendidikan guru dan lulus dengan Pujian tahun 1950 dan 1952.

Sambil bekerja sebagai guru Tilaar meneruskan belajar dan memperoleh ijazah Pedagogik (B-I dan B-II) kedua-duanya dengan pujian pada tahun 1957 dan 1959 di Bandung. Selang dua tahun kemudian (1961) memperoleh gelar sarjana pendidikannya dari Universitas Indonesia dengan predikat cum laude.

Pada tahun 1964 ia memperoleh beasiswa dari US-AID dan belajar di University of Chicago (1964-1965), kemudian di Indiana University, Bloomington, di mana ia memperoleh master of science of education (1967) dan doctor of education (1969).

Sesudahnya ia mengikuti berbagai program postgraduate di beberapa universitas di Amerika Serikat dan Inggris dan pelatihan-pelatihan di lembaga-lembaga United Nations serta IBRD dan ADB.

Profesor Tilaar telah bekerja sebagai guru sejak tahun 1952, dari sekolah rakyat sampai guru besar, dan ia minta dipensiunkan sebagai pegawai negeri pada tahun 1997 sesudah mengabdi selama 45 tahun.

Sebagai seorang penulis buku-buku mengenai pedagogik, ia telah menerbitkan banyak tulisan. Ia telah mengunjungi banyak negara di dunia, menghadiri berbagai pertemuan ilmiah di dalam maupun di luar negeri mengenai pendidikan. Ia adalah anggota pendiri Yayasan Buku Utama, anggota Badan Pengembangan Buku Nasional, anggota Dewan Riset Nasional (1999-2004).

Dalam birokrasi pemerintah ia adalah staf inti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) sejak 1970 sampai ia pensiun tahun 1993 sebagai Asisten Menteri Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Atas jasa-jasanya kepada negara, pada tahun 1998 ia dianugerahi Bintang Jasa Utama Republik Indonesia.

Biografinya tercantum dalam Ensiklopedia Pendidikan (2001); Who’s Who in The World, Millenium Edition 2000, American Biographical Institute; 1000 Great Asians, International Biographical Center, England, 2003.

Prof H A R Tilaar pernah terpilih sebagai penerima 2003 Man of The Year Commemorative Medal dari American Biographical Institute. Biografinya tercantum juga dalam Who’s Who in American Education 2004 – 2005.
September 2009 ini menerima penghargaan tertinggi dari Indiana University atas pengabdiannya di bidang pendidikan yang jarang ada duanya.

Prof H AR Tilaar menikah dengan Dr. Martha Tilaar, dikaruniai empat putra putri dan lima cucu.(Mdk/hartilaar-library.com)

Keterangan :
Prof Tilaar merupakan Anggota Dewan Pembina ISPI Pusat

Tulisan lain yang berkaitan:

Tulisan berjudul "Prof. Dr. H. A. R. Tilaar MScEd, Pendidik Tiada Tanding" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Thursday, 27 May 2010 (18:56)) pada kategori Sosok. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

7 Responses to "Prof. Dr. H. A. R. Tilaar MScEd, Pendidik Tiada Tanding"

  1. Maulana Arditya says:

    Dear Prof.HA.R TILAAR

    Nama saya Maulana Arditya, saya seorang mahasiswa di Universitas IKIP PGRI Madiun Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris.Saya adalah penggemar buku-buku karangan anda terutama buku yang berjudul “Kekuasaan dan Pendidikan” dan “Kebijakan Pendidikan” yang telah banyak membuka mata saya tentang apa yang sedang terjadi dalam sistim pendidikan kita yang selama ini saya rasa agak aneh dan menyimpang (jujur saja karena saya juga generasi yang sejak SD -SMA terkena imbasnya penyimpangan sistim)
    Selama beberapa semester ini saya dengan rekan mahasiswa dari FISIP UB Jawa Timur juga berusaha menyelidiki apa yang salah dengan negara ini(utamanya pendidikan) dan menemukan beberapa fakta yang mencengangkan!!(dan mayoritas identik dengan apa yang anda telah tulis dalam buku-buku anda)
    Saya sangat berterimakasih kepada anda yang telah mengarang buku-buku yang inspiratif dan sangat membantu mahasiswa pendidikan seperti saya untuk menguak fakta dibalik struktur pendidikan negara kita yang carut mawut ini!!
    Semoga anda tetap sehat selalu agar bisa menerbitkan buku baru lagi yang pastinya saya tunggu!!!

    Wassalam.

  2. Azis Nurkholik says:

    salut dngan dedikasi Prof. khususnya dalam dnia pendidkan indonsia… skiranya bsa, sya berharap bisa brdiskusi lbih jauh dngan Prof. terkait isu-isu pendidikan pendidikan terkini khususnya di Indonesia. Mohon bisa di kasih almat emailnya.
    Smoga ttap sukses mmbangun masa dpan pndidikan Indonsia yg lbih baik..
    Trimakasih.
    Wasalam.

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. Online Article……

    […]The information mentioned in the article are some of the best available […]……

  2. Money Making Guide…

    If you need a great to see great money making guide and want to learn how to earn money on internet then visit my site….

  3. abaxial…

    moncler mens jacketthat they make the best quality products that their customers expect of them…

  4. Extra Reading…

    […]we like to honor other sites on the web, even if they aren’t related to us, by linking to them. Below are some sites worth checking out[…]…

  5. … [Trackback]…

    […] Read More here: ispi.or.id/2010/05/27/prof-dr-h-a-r-tilaar-msced-pendidik-tiada-tanding/ […]…



«
»