Sistem Pendidikan Saat Ini Kurang Bermakna Bagi Pembangunan

Thursday, 21 October 2010 (19:48) | 517 views | Print this Article

Kapanlagi.com – Sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang terkesan apa adanya akan menjadi beban dan masalah bagi bangsa pada masa mendatang karena kurang memberi makna bagi pembangunan bangsa.

Saat ini kita membutuhkan pendidikan yang merata dan bermutu bukan bertujuan untuk melatih anak agar dapat mengikuti perlombaan dalam olimpiade ilmu-ilmu murni. Tetapi, untuk memungkinkan seluruh putra bangsa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya,” kata Ketua Dewan Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Soedijarto pada diskusi pendidikan pasca Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji UU No 13/2006 tentang APBN di Jakarta.

Guru besar ilmu pendidikan pada Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini mengatakan ada sejumlah orang yang menyebutkan prestasi internasional anak-anak Indonesia dalam olimpiade ilmu-ilmu murni membuktikan anggaran pendidikan bukan penentunya.

“Kita pun bangga, tapi setelah tahu mereka benar-benar disiapkan, bahkan dikarantina menjadi pertanyaan apakah program seperti itu secara kependidikan dapat dibenarkan,” ujarnya.

Anggota Forum Konstitusi ini menyebutkan negara penghasil Nobel seperti Amerika Serikat dan Jerman tidak pernah mengikutsertakan para siswanya dalam olimpiade seperti itu.

Akan tetapi, di sekolah mereka merdeka dalam belajar, membaca, meneliti, berkreasi, bahkan, bereksprimen sesuai minat, kepandaian, dan bakatnya dengan fasilitas yang memadai. Einstein, fisikawan jenius dan pemenang hadiah Nobel bahkan sempat tidak lulus Gymnasium.

“Saat ini yang dibutuhkan bagi peningkatan mutu pendidikan naasional adalah ketersediaan dana yang memadai,” katanya.

Karena itu, konvensi internasional menyebutkan agar pendidikan dapat bermakna bagi pembangunan bangsa diperlukan dana sekurang-kurangnya 20% dari APBN dan APBD, ujarnya.

Ia menyatakan, banyak negara sudah melampauinya, seperti Belanda pada 1996 anggaran pendidikannya mencapai 37% dari APBN dan Thailand pada 2001 anggaran pendidikannya mencapai 30% dari APBN.

“Anggaran sekurang-kurangnya 20% dari APBN dan APBD itu memang benar-benar diperlukan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional yang merata dan bermutu,” katanya.

Dia mencontohkan, di Korsel 20 tahun pertama investasinya untuk pendidikan dan daerah pedesaan. India juga memperkuat pendidikannya, sehingga bisa memaksa AS bekerja sama dalam bidang nuklir.

“Rata-rata 60% anggaran suatu negara untuk pendidikan, kesehatan, dan pertahanan negara. Bagaimana dengan kita, makin terpuruk,” ujarnya seraya menambahkan anak-sekolah di AS mulai naik bus sampai pulang dengan bus lagi, plus makan siang di sekolah semuanya gratis dibiayai negara.

Agar tidak terjadi pemborosan dan kebocoran, katanya, penanggung jawab pendidikan nasional harus menganalisis unsur-unsur esensial yang harus dibiayai, sehingga dana pendidikan yang disediakan dapat dimanfaatkan secara efisien dan efektif.

Mesti MK sudah mengabulkan permohonan dana pendidikan harus dikucurkan langsung sekurang-kurangnya 20% tanpa bertahap, diperkirakan pemerintah masih enggan melaksanakannya, katanya.

Sebelumnya, Sekjen Depdiknas Dodi Nandika mengatakan, dalam APBN Perubahan pada Juni mendatang, pemerintah akan mengajukan dana pendidikan sebesar Rp51 triliun lebih terdapat tambahan sekitar Rp15triliun hingga Rp16 triliun. Sementara saat ini alokasi anggaran pendidikan dari APBN sebesar Rp36,7 triliun. (*/cax)

Tulisan lain yang berkaitan:

imgKesaksian para Tokoh Terhadap Almarhum Prof. Soedijarto (Sunday, 29 January 2017, 145 views, 0 respon) Ketokohan almarhum Prof. Soedijarto tidak diragukan. Ia dikenal sebagai tokoh pendidikan Indonesia sejati. Beberapa tokoh memberikan apresiasi atas...
imgSelamat Jalan Prof. Soedijarto (Sunday, 29 January 2017, 261 views, 0 respon) KARANGAN BUNGA : Karangan bunga sebagai ungkapan belasungkawa dari Pengurus Pusat ISPI untuk almarhum Prof. Dr. H. Soedijarto, M.A. (Ketua Dewan...
imgKetua Dewan Pembina ISPI Menjadi Narasumber Diskusi Ijazah Palsu (Wednesday, 3 June 2015, 217 views, 0 respon) Soedijarto saat tampil menjadi narasumber Prof. Dr. H. soedijarto, M.A. Ketua Dewan Pembina PP ISPI periode 2014-2019 dan Mantan Ketua Umum PP ISPI...
imgCatatan Prof. Dr. H. Soedijarto, MA, Mengenai Kurikulum 2013 (Saturday, 17 January 2015, 505 views, 0 respon) Prof. Dr. Soedijarto, MA ketua dewan pembina PP ISPI Prof. Soedijarto adalah guru besar UNJ yang saat ini menjabat ketua Dewan Pembina ISPI. Ia juga...
imgMerenungi Grand Design Pendidikan Dalam Bingkai UU Sisdiknas (Thursday, 30 January 2014, 484 views, 0 respon) Sudah sangat sering terjadi perdebatan para elit bangsa dengan menempatkan persoalan ekonomi sebagai poros utama untuk perbaikan kehidupan bangsa,...
Tulisan berjudul "Sistem Pendidikan Saat Ini Kurang Bermakna Bagi Pembangunan" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Thursday, 21 October 2010 (19:48)) pada kategori Media. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

766 Responses to "Sistem Pendidikan Saat Ini Kurang Bermakna Bagi Pembangunan"

    Trackbacks

    Check out what others are saying about this post...
    1. kolonie says:

      Recommeneded websites…

      Here you’ll find some sites that we think you’ll appreciate, just click the links over…

    2. obozy says:

      Check this out…

      Here are some of the sites we recommend for our visitors…

    3. Sources…

      […]check below, are some totally unrelated websites to ours, however, they are most trustworthy sources that we use[…]……

    4. Seokatalog says:

      Fantastic info…

      Great Information you got here. Let us share it….

    5. Recommeneded websites…

      […]Here are some of the sites we recommend for our visitors[…]……

    6. Check this out…

      Here are some of the sites we recommend for our visitors…

    7. Read was interesting, stay in touch……

      […]please visit the sites we follow, including this one, as it represents our picks from the web[…]……

    8. Recommeneded websites…

      […]Here are some of the sites we recommend for our visitors[…]……

    9. Gems form the internet…

      […]very few websites that happen to be detailed below, from our point of view are undoubtedly well worth checking out[…]……

    10. You should check this out…

      I saw this really great post today….

    11. Recent Blogroll Additions…

      I saw this really great post today….

    12. strony www says:

      Check this out…

      Here are some of the sites we recommend for our visitors…

    13. hosting says:

      Great website…

      Here are some of the sites we recommend for our visitors…

    14. hosting seo says:

      Website worth visiting…

      below you’ll find the link to some sites that we think you should visit…

    15. Creatine says:

      Awesome website…

      […]the time to read or visit the content or sites we have linked to below the[…]……

    16. ubieranki says:

      Thanks…

      I want, this post. Thank you….



    «
    »