Memecahkan Karang Semen Mutu Pendidikan

Sunday, 3 July 2011 (19:49) | 287 views | Print this Article

Oleh : SUPANDI, S.Pd., MM. —-Juara 3, Lomba Penulisan Artikel Pendidikan ISPI 2011—-

Hendaknya pikiran Anda selalu terbuka terhadap perubahan. Hanya dengan mempertimbangkan dan mempertimbangkan ulang pendapat dan pikiran Anda, Anda dapat maju.(Dale Carniage)

Dua orang sahabat, sebut saja Si A dan Si B. Mereka berangkat dari awal dan latar belakang yang sama, dengan cita-cita yang sama, dan pada akhirnya secara kebetulan mereka memiliki profesi yang sama. Namun belakangan diketahui bahwa Si A menjadi pekerja yang biasa-biasa saja, bekerja hanya sebagai rutinitas saja, bebas dari kreatifitas, inovasi, dan prestasi, tidak mempunyai greget untuk maju. Berbeda dengan Si B, dia lebih maju, didalam dirinya terukir berbagai prestasi, karirnya melejit jauh diatas Si A.

Apakah yang membedakan kedua sahabat tersebut dalam hal prestasi hidupnya? Ternyata mereka berdua memilki mindset (pola pikir) yang kontradiktif. Perbedaan pola pikir telah membuat kehidupan mereka berbeda. Pola pikir sangat berpengaruh terhadap sikap seseorang. Bagaimana seseorang bersikap, berperilaku, atau merespon segala sesuatu yang dihadapinya sangat tergantung pada pola pikirnya. Dalam ilustrasi diatas, Si B jelas memiliki p