Pengurus Pusat HISPISI Periode 2011-2015 Dikukuhkan

Monday, 23 January 2012 (11:11) | 304 views | Print this Article

Pengurus Pusat Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) `Periode 2011-2015, hasil Kongres ke XIII, dikukuhkan oleh Ketua Umum Terpilih Prof.Dr.Trisno Martono, Sabtu (14/1) di Auditorium Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Warek I UNY, Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU, Apt, dihadiri oleh segenap pengurus termasuk Anggota Dewan Kehormatan dari Jepang, Prof. Tsuciya Takhesi dan peneliti ilmu-ilmu sosial dari jepang Osama Yamahe, Dekan FIS, Prof Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag dan Dekan FE, Dr. Sugiharsono. Usai pengukuan dilanjutkan rapat kerja dan esoknya, minggu, Seminar Nasional “Revitalisasi Pendidikan IPS dalam Pembangunan Karakter Bangsa“.

Ketua Umum (Ketum) Pimpinan pengurus Pusat HISPISI, Prof.Dr. Trisno Martono dalam sambutannya mengingatkan kembali visi HISPSI yaitu menjadi wadah profesional para ahli, praktisi, dan pengamat pendidikan ilmu-ilmu sosial untuk melakukan interaksi, kristalisasi, promosi dan fasilitasi dalam rangka pemberdayaan warganegara dan masyarakat secara cerdas melalui berbagai upaya intelektual, kurikuler, sosial dan personal dengan menggunakan berbagai sarana dan media.

Lanjutnya, dalam melaksanakan visi tersebut, telah banyak yang dilakukan oleh HISPISI yang tercermin dalam program kerja pengurus pusat yang selama ini juga dilaksanakan secara berkelanjutan antara lain : (1) Mengkritisi dan memberikan saran terhadap materi ajar IPS (kurikulum dan sylabi) PERMENDIKNAS No.22/2006 tentang standar ISI untuk satuan pendidikan dasar dan menengah , (2) Program kemitraan antar Perguruan Tinggi anggota HISPISI dari berbagai program Studi di lingkungan Jurusan P-IPS (saling tukar dosen diantara Perguruan Tinggi yang disepakati bersama, penyusunan bahan ajar bersama), (3). Jurnal ilmiah internasional HISPISI.

Ketum berharap pengurus baru mengevaluasi kembali semua program yang ada, agar lebih efektif dan menyusun program—program baru untuk meningkatkan eksisitensi HISPISI. Terkait jurnal internasional, saat ini sudah bersedia sebagai Koordinator yaitu Nasution Ph.D (UNESA) dan siap menerima makalah dari Bapak/ibu semua, ujarnya. Pada akhir sambutannya, Trisno berharap apa yang sudah dilakukan selama ini dan ke depan oleh HISPSI, demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya pengembangan materi IPS, akan bermanfaat bagi pembangunan bangsa Indonesia yang berkarakter, cerdas dan komprehensif.

Sementara Sekjen HISPISI, Sardiman AM, MPd, menjelaskan kepengurusan sekarang terdiri dari Ketum dan Ketua I-III, Sekretaris Jendel dan sekretaris I-III, Bendahara Umum, bendahara I-III, Dewan pertimbangan dan Pengawasan, Bidang-bidang: Organisasi, Litbang, Pengembangan Kurikulum, Kerjasama dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Profesi, Dana dan Kesejahteraan, Publikasi dan Penelitian, Informasi dan Kehumasan. Dilengkapi Dewan Pakar dan Anggota Dewan Kehormatan.

Secara rinci Susunan Pimpinan Pengurus Pusat HISPISI: Ketum, Prof.Dr. Trisno Martono (UNS/Univet Sukoharjo), Ketua I-III, Dr. Achmad Husen (UNJ), Prof. Dr. Hasnawi Haris (UNM Mkaasar), Prof. Dr. Masruki (UNNES-Semarang). Sekjen, Sardiman AM, MPD, Sekretaris I-III, Dr. Moerdiyanto (UNY Yogyakarta), Firman Umar, M.Hum (UNM), Dr. Andy Hardiyanto (UNJ). Bendahara Umum: Yulia Hb.Djahir,MM (UNSRI Palembang), Bendahara I-III, Dr. Sugiharsono (UNY), Lely Qodariah, MPd (UHAMKA, Jakarta), dan Dra. Noneng R.Sukatmadireja (Univ. Mahardika Surabaya). Dalam Dewan Pakar duduk antara lain yang berasal dari UNY , Prof. Suyanto, PhD , Prof. Zamroni, Ph D. Sedangkan Anggota Kehormatan diantaranya: Datuk Dr. Muhammad Rais Bin Abdul Karim dan Prof. Hariri Bin Kamis (UPSI Malaysia), Prof. Tsuciya Takhesi, Prof. TomohitoHarada, PhD (Jepang), Prof. Lee Myung Hee, Ph D (Kongyu Korea), serta dari UNY, Prof. Syafii Maarif, PhD. (lensa).

Sumber: UNY

Tulisan lain yang berkaitan:

imgREKAYASA PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA (Monday, 18 October 2010, 413 views, 0 respon) Karakter tidak otomatis berkembang pada diri warga bangsa atau peserta didik. Perlu ada rekayasa sosial yang dirancang dan dilaksanakan secara sadar...
Tulisan berjudul "Pengurus Pusat HISPISI Periode 2011-2015 Dikukuhkan" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Monday, 23 January 2012 (11:11)) pada kategori Kegiatan, Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.