ISPI Beri Kontribusi Pemikiran Nyata

Monday, 30 January 2012 (20:16) | 241 views | Print this Article

BANDARLAMPUNG – Ketua Umum Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. hari ini (14/1) melantik kepengurusan ISPI Lampung periode 2012-2015. Sekailgus menjadi pemateri seminar bertema Peran Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam Pembentukan Karakter Bangsa di GSG Unila.

Ketua ISPI Lampung Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Pd. mengatakan, organisasinya ini berkomitmen memberikan kontribusi pemikiran terhadap dunia pendidikan. Terutama dalam menghadapi tiga permasalahan pendidikan saat ini. Seperti masih banyaknya kebijakan yang parsial, kebijkan pendidikan berdasar prediksi atau tanpa analisis, dan kebijakan pendidikan yang inkonsistensi atau kebijakan satu bertentangan dengan kebijakan lainnya.

’’Jadi, kehadiran ISPI di Lampung untuk menjawab permasalahan tersebut. Tentunya dengan memberikan kontribusi pemikiran yang nyata tentang dunia pendidikan saat ini,” tegas Bujang yang juga dekan FKIP Unila saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (13/1).

Dikatakannya pula, ISPI bukan sebagai rival pemerintah. Melainkan mitra dalam membangun pendidikan ke depan. ’’ISPI adalah organisasi profesi bidang pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya dan memiliki tujuan mulia. Yaitu menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pembangunan pendidikan nasional secara profesional agar lebih terarah, berhasil guna, serta berdaya guna melalui pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan untuk kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara,” paparnya.

ISPI, imbuhnya, juga akan menghimpun potensi-potensi dalam dunia pendidikan. Lalu merekomendasikan kebijakan ke para pengambil keputusan agar keputusan yang diambil tepat sasaran. Tujuannya meningkatkan pendidikan di Lampung khususnya dan Indonesia umumnya. ”Ini merupakan tanggung jawab dan komitmen kami terhadap dunia pendidikan yang masih sangat rendah sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Terutama dalam pembinaan guru sebagai salah satu kunci kesuksesan pendidikan,” katanya.

Tidak hanya itu. Menurutnya ISPI akan memberdayakan sarjana-sarjana pendidikan secara akademik maupun nonakademik. Seperti pengusaha, polititikus, dan pemerintah. “Kami akan mendata jumlah sarjana pendidikan di Lampung, termasuk jumlah guru lulusan sarjana pendidikan dan guru yang berlatar belakang bukan dari sarjana pendidikan,” tandasnya.

Bujang juga mengatakan seminar nasional bersamaan pelantikan pengurus ISPI yang akan dihadiri 600 peserta tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 FKIP Unila. Sekaligus melakukan pelepasan masa purnabakti guru besar FKIP Unila yaitu Prof. Dr. Bambang Sumitro, M.S. (hyt/c1/rim)

Sumber: Radar Lampung

Tulisan lain yang berkaitan:

imgParosil Resmi Pimpin ISPI Lampung Barat (Saturday, 9 April 2016, 119 views, 0 respon) Sumber : Lampung Barat News Liwa – Parosil Mabsus resmi dilantik sebagai ketua Ikatan sarjana pendidikan indonesia (ISPI) Lampung Barat (Lambar)...
imgMewujudkan Guru Paripurna Pasca Sertifikasi (Thursday, 13 August 2015, 306 views, 0 respon) Oleh : Drs. Fuad Aljihad, M.H. Wakil Ketua ISPI Cabang Cilacap periode 2015-2020, juara I ‘’Anugerah Konstitusi dan Pendidikan Hak...
imgPelantikan ISPI Banyumas dan Bedah Buku “Pemimpin Berkarakter Pancasila” (Saturday, 31 May 2014, 236 views, 0 respon) PELANTIKAN ISPI BANYUMAS : Prof. Dr. H. Trisno Martono, M.M. selaku Ketua PD ISPI Jateng mengukuhkan kepengurusan ISPI cabang Banyumas 2014-2017 di...
imgPelantikan ISPI Jambi dan Seminar Nasional Pendidikan (Thursday, 29 May 2014, 215 views, 0 respon) PELANTIKAN PD ISPI JAMBI : Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. selaku Ketua Umum PP ISPI sedang melantik kepengurusan PD ISPI Jambi periode...
imgPelantikan Pengurus ISPI Kepri dan Seminar Pendidikan Bertajuk ”Menjadi Pendidik Profesional” (Saturday, 19 April 2014, 244 views, 0 respon) Oleh : Fitri Yanti, S.Pd., M.Pd., M.Si. Sekretaris Umum ISPI Kepri dan Dekan FKIP Unrika, Batam Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui...
Tulisan berjudul "ISPI Beri Kontribusi Pemikiran Nyata" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Monday, 30 January 2012 (20:16)) pada kategori Kegiatan, Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.