Persebaran Guru Belum Merata

Tuesday, 15 January 2013 (13:33) | 370 views | Print this Article

SOLO – Dunia pendidikan masih menyisakan sejumlah masalah, di antaranya mutu pendidikan yang belum merata. Ketua Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Prof Sunaryo Kartadinata mengatakan, mutu pendidikan yang belum merata disebabkan oleh faktor persebaran guru.

“Persebaran guru yang belum merata bisa menyebabkan mutu pendidikan menjadi tidak merata. Indonesia sebenarnya bukan tidak memiliki guru yang cukup, tapi karena persebarannya yang tidak merata,” katanya kepada war­tawan usai berbicara dalam seminar bertema ”Isu-isu Stra­tegis Pendidikan di Indonesia”, di Universitas Tunas Pem­ba­ngunan (UTP) kampus Bale­kambang, Sabtu (12/1).

Sunaryo mengungkapkan, dengan otonomi daerah seharusnya pemerataan guru bisa lebih maksimal. Sayang, antara daerah satu dengan yang lain kurang komunikasi. Selain itu, yang menyebabkan mutu pendidikan belum merata, karena belum meratanya infrastruktur, mutu guru yang berbeda, standar anggaran, hingga cara pandang pendidikan.

Dia menjelaskan, apa yang ada dalam Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 sebenarnya sudah bagus, hanya saja kurang bisa diimplementasikan secara komprehensif.

Selain itu, guru juga tidak terlalu memperhatikan proses belajar, artinya hasil tes merupakan ukuran. ”Siswa dinilai dari hasil akhir misalnya melalui penugasan, mengisi lembar kerja siswa yang dilakukan dengan kuantitatif, sementara lingkungan yang mengedepankan proses acapkali dilupakan,” katanya.

Berbeda
Sunaryo mengungkapkan, guru harus dibina dengan format berpikir yang berbeda sama seperti yang ada pada Kuri­kulum 2013 yang bakal diterapkan mulai tahun ajaran depan.

Kurikulum 2013 lebih me­ngedepankan proses ketimbang hasil akhir. ”Ujung tombak keberhasilan kurikulum adalah guru,” ungkapnya.

Ketua ISPI Surakarta Dr Suwalni Sukirno MPd mengatakan, seminar tersebut digelar untuk membahas isu-isu strategis pendidikan nasional di Indonesia. Di antaranya menyongsong uji kompetensi guru dan dosen, pengembangan model pembelajaran berbasis IT, dan peningkatan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Seminar dihadiri sekitar 250 peserta yang terdiri atas guru, dosen, mahasiswa, praktisi pendidikan. Selain Prof Sunaryo Kartadinata, pembicara lain Dekan FKIP UNS Prof Dr Furqon Hidayatullah dan PR I UNS Prof Dr Sutarno.

Dia mengungkapkan, ada enam perguruan tinggi yang ikut bergabung dalam ISPI Cabang Surakarta, yakni Unwidha, Unisri, UMS, UTP, Univet, dan UNS. Dengan seminar ini dia berharap ke depan ISPI dapat mengembangkan kegiatan pelatihan dan workshop untuk membantu me­ningkatan profesionalitas guru dan dosen.

”Hingga saat ini jumlah ang­gota ISPI Cabang Surakarta sekitar 300 orang,” kata Suwalni. (G18-37)

Sumber:
Suara Merdeka
Solo Pos

Tulisan lain yang berkaitan:

imgKetua Umum ISPI Beri Sambutan SOFT LAUNCHING BUKU : PENDIDIKAN MENUJU INDONESIA EMAS” (Friday, 1 May 2020, 26 views, 0 respon) Bandung, ispi.or.id – Ketua Umum Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) yang juga Dubes Uzbekistan Sunaryo Kartadinata akan memberi kata...
imgKurikulum 2013 Jangan Diganti (Monday, 17 November 2014, 166 views, 0 respon) Ketua Umum PP ISPI, Prof. Sunaryo SOLO, suaramerdeka.com -Terlepas pro kontra serta kelebihan dan kekurangan, Kurikulum 2013 diminta untuk tidak...
imgMerenungi Grand Design Pendidikan Dalam Bingkai UU Sisdiknas (Thursday, 30 January 2014, 515 views, 0 respon) Sudah sangat sering terjadi perdebatan para elit bangsa dengan menempatkan persoalan ekonomi sebagai poros utama untuk perbaikan kehidupan bangsa,...
imgProf. Sunaryo Kartadinata (Saturday, 26 October 2013, 641 views, 0 respon) Oleh : H. Sutan Zaili Asril Wartawan Senior Harian Pagi Padang Ekspres Sungguh Cucu Magek Dirih terkaget-kaget mengikuti/mendengarkan/mencermati...
imgProf. Sunaryo: Pendidikan Harus Antarkan Generasi Emas Indonesia 2045 (Friday, 2 November 2012, 5,910 views, 0 respon) Yogyakarta, UPI Peran pendidikan dalam mempersiapkan generasi 2045 sangat penting. Itulah sebabnya, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK)...
Tulisan berjudul "Persebaran Guru Belum Merata" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Tuesday, 15 January 2013 (13:33)) pada kategori Kegiatan, Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.