Standar Kelayakan Kurikulum 2013 Harus Diuji

Saturday, 25 May 2013 (13:46) | 300 views | Print this Article

JAKARTA – Walaupun kurikulum 2013 hanya akan diujicobakan di sejumlah sekolah, Kementerian Pendidikan tetap akan mendistribusikan buku dan silabus secara terpusat. Untuk itu, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) akan menguji kualitas buku panduan dan silabus yang akan dipakai.

“Saat ini, pembuatan silabus dan buku untuk kurikulum 2013 sedang disiapkan. Malam ini (kemarin) kami akan didiskusikan dengan Wakil Presiden Boediono,” kata anggota BSNP, Prof Djaali, saat ditemui di sela-sela seminar internasional bertema “Kepemimpinan di Sekolah untuk Masa Depan yang Lebih Baik” di Jakarta, Selasa (7/5).

BSNP sudah menilai kelayakan buku selama satu bulan terakhir. Djaali mengatakan penilaian buku bertujuan agar buku yang nantinya beredar benar-benar sempurna. “Prinsip kita, buku harus memenuhi standar. Mudah-mudahan sebelum dicetak sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan,” jelas Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta itu.

Adapun kriteria standar kelayakan buku yang dinilai BSNP adalah isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Setelah dinyatakan siap, buku tersebut akan disebarkan di sekolah yang sudah ditunjuk untuk menerapkan kurikulum 2013 pada Juli 2013 ini.

Awal April lalu, BSNP menilai kualitas buku masih rendah. Ini yang membuat BSNP membentuk tim ad hoc yang terdiri dari 50 ahli untuk mengecek ulang buku yang sudah selesai ditulis. “Banyak penyempurnaan yang harus dilakukan sampai memenuhi standar mu