Himpunan Sarjana Pendidikan Agama Islam Hadir di Sumut

Monday, 31 March 2014 (20:08) | 279 views | Print this Article

Pengurus HSPAI Sumut

MedanBisnis – Medan. Sebuah organisasi profesi para sarjana pendidikan agama Islam diberi nama Himpunan Sarjana pendidikan Agama Islam (HS PAI) hadir di Sumut. Pelantikan kepengurusan perhimpunan ini dilakukan Ketua Umum HS-PAI Pusat, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, di Hotel Garuda Plaza Medan, Kamis (20/2).

Didampingi Sekjen HS PAI Pusat, Dr Bahrissalim MA, Farid Wajdi menjelaskan, pelantikan pengurus periode 2014-2019 organisasi profesi para sarjana pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah di Sumut itu dirangkai seminar internasional bertema “Epistimologi Islam, Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 dan Pengembangan Profesi Guru PAI Pasca Sertifikasi”.

Dia kemudian mengungkapkan, dalam lingkup nasional HS PAI telah berdiri sejak 2011 dan berada di bawah naungan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), serta telah ada di 14 provinsi dengan jumlah anggota ratusan ribu orang.

Menurutnya, seluruh guru PAI yang jadi anggota saat ini menggantungkan harapan masa depannya pada organisasi itu terkait pembinaan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan. “Pengurus HS PAI Pusat mengajak seluruh guru agama Islam untuk meningkatkan kualitas profesionalismenya melalui penyelenggaraan berbagai pelatihan, penelitian dan pengembangan diri. Di dalam organisasi ini bergabung para akademisi S1, S2 dan S3, yang memiliki kecakapan dan mampu melatih guru menjadi terampil mengajar, meneliti, membimbing dan keterampilan lainnya,” ujar Farid Wajdi.

Pengurus HS PAI Sumut yang yang dilantik itu antara lain terdiri dari Ketua Drs Hendri Fauza MPd, Wakil Ketua Drs Mahidin MPd, Sekretaris Mesiono MPd, Wakil Sekretaris Drs H Ahmad Suhaimi MA, Bendahara H Irwan S MAg, Wakil Bendahara Drs H Abd Muhyi Batubara MSc, H Candra Wijaya MPd, Dra Hj Nurmawati MA, dan Drs H Salim MPd. Kepengurusan dilengkapi bidang-bidang antara lain bidang pengembangan organisasi, pelatihan, serta penelitian dan publikasi ilmiah.

Ketua HS PAI Sumut, Drs Hendri Fauza MPd, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk kepengurusan HS PAI di tingkat kabupaten/kota, mengingat besarnya antusias para guru pendidikan agara Islam untuk bergabung. “Karenanya saya mengajak seluruh instansi terkait seperti Kementerian Agama di tingkat provinsi, kabupaten dan kota hendaknya bisa bekerja sama dan bermitra dalam meningkatan profesionalisme para guru ini,” ujar Hendri Fauza.

Sementara itu, dalam seminar internasional serangkaian pelantikan Pengurus HS PAI Sumut tampil sejumlah pembicara terdiri dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan IIUM Malaysia Prof Dr Rosnani Hashim, Rektor UIN Ar-Raniry Aceh Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, Dr Bahrissalim MA dari UIN Jakarta, dan Prof Dr Syafaruddin MPd dari IAIN Sumut. (ys rat/ril)

Sumber : medan bisnis daily

Tulisan lain yang berkaitan:

imgAyo, Atasi Putus Sekolah! (Thursday, 9 October 2014, 103 views, 0 respon) BANDARLAMPUNG – Pengentasan masalah putus sekolah bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah (pemda). Namun, menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama...
imgPemahaman Sekolah Masih Keliru Soal Program Akselerasi (Monday, 29 September 2014, 457 views, 0 respon) Sri Harmianto, Sekum ISPI Banyumas BANYUMAS, suaramerdeka.com – Pemahaman sekolah terhadap program kelas akselerasi selama ini, dinilai masih...
imgGuru penentu keberhasilan Kurikulum 2013 (Tuesday, 16 September 2014, 180 views, 0 respon) Warta WASPADA ONLINE SIMALUNGUN – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Kurikulum 2013 sebagai pedoman pelaksanaan...
imgMAN Sape Juara Lomba Dai/Daiyah dan Kasidah Rebana se-Kab/Kota Bima (Monday, 21 July 2014, 128 views, 0 respon) MAN Sape_Inmas (16/7/14), Di Bulan Ramadhan 1435 H MAN Sape mengutus siswa-siswinya untuk turut berpartisipasi dan memeriahkan Lomba Da’i/Da’iyah...
imgISPI Soroti Disdik Pematangsiantar di PSB (Tuesday, 8 July 2014, 86 views, 0 respon) Oleh Waristo Pematangsiantar, Sumut, 2/7 (Antara) – Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Kota Pematangsiantar-Kabupaten Simalungun menyoroti...
Tulisan berjudul "Himpunan Sarjana Pendidikan Agama Islam Hadir di Sumut" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Monday, 31 March 2014 (20:08)) pada kategori Info Organisasi, ISPI Cabang/Daerah, Kegiatan, Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.