ISPI Soroti Disdik Pematangsiantar di PSB

Tuesday, 8 July 2014 (19:12) | 89 views | Print this Article

Oleh Waristo
Pematangsiantar, Sumut, 2/7 (Antara) – Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Kota Pematangsiantar-Kabupaten Simalungun menyoroti keterlibatan Dinas Pendidikan Pematangsiantar dalam proses penerimaan siswa baru (PSB) di sekolah-sekolah negeri.

“Tidak sesuai dengan semangat manajemen berbasis sekolah yang diatur dalam ketentuan pendidikan,” ujar Ketua ISPI Pematangsiantar-Simalungun Marolop Panjaitan MPd, Rabu.


Marolop menyampaikan keprihatinan dengan munculnya protes keras dari ratusan orang tua siswa hasil pengumuman penerimaan siswa baru di salah satu SMA Negeri yang disinyalir dari Dinas Pendidikan, bukan dari pihak sekolah.

“Harusnya penerimaan siswa baru di sekolah negeri dari semua tingkatan merupakan wewenang sekolah masing-masing dan pemerintah melalui Dinas Pendidikan hanya melakukan pantauan jalannya proses,” kata Marolop.

Apalagi pengumuman itu tidak transparan mulai dari pendaftaran, penyusun soal dan nilai yang diperoleh tidak ditampilkan sehingga memunculkan anggapan buruk.

“Wajar orang tua yang anaknya berprestasi selama di SMP, dan ketika pengumuman namanya tidak tercantum, menjadi curiga. Makanya perlu keterbukaan,” kata Marolop.

Ketua ISPI berharap ke depan penerimaan siswa diserahkan ke pihak sekolah secara penuh supaya para guru mendidik siswa yang memang memiliki kemampuan akademis.

Marolop juga menyampaikan ketidak sependapatan dengan adanya istilah sekolah unggulan karena tidak mencerminkan keadilan dan kebersamaan serta menimbulkan ‘gap’ dengan sekolah lain dan antarsiswa.

“Tidak perlu itu. Kalaupun seperti itu harus ditentukan kriteria atau indikator sekolah unggulan dan sekolah diberi kesempatan berkompetisi,” kata Marolop. ***3***
(T.KR-WRS/C/Suparmono/Suparmono)

Tulisan lain yang berkaitan:

imgAyo, Atasi Putus Sekolah! (Thursday, 9 October 2014, 112 views, 0 respon) BANDARLAMPUNG – Pengentasan masalah putus sekolah bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah (pemda). Namun, menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama...
imgPemahaman Sekolah Masih Keliru Soal Program Akselerasi (Monday, 29 September 2014, 519 views, 0 respon) Sri Harmianto, Sekum ISPI Banyumas BANYUMAS, suaramerdeka.com – Pemahaman sekolah terhadap program kelas akselerasi selama ini, dinilai masih...
imgGuru penentu keberhasilan Kurikulum 2013 (Tuesday, 16 September 2014, 185 views, 0 respon) Warta WASPADA ONLINE SIMALUNGUN – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Kurikulum 2013 sebagai pedoman pelaksanaan...
imgMAN Sape Juara Lomba Dai/Daiyah dan Kasidah Rebana se-Kab/Kota Bima (Monday, 21 July 2014, 135 views, 0 respon) MAN Sape_Inmas (16/7/14), Di Bulan Ramadhan 1435 H MAN Sape mengutus siswa-siswinya untuk turut berpartisipasi dan memeriahkan Lomba Da’i/Da’iyah...
imgPengelola Pendidikan Berkualifikasi di Sumenep Masih Minim (Tuesday, 1 July 2014, 82 views, 0 respon) Drs. H. Ata'ur Rahman, S.Pd, M.Si KBRN, Sumenep : Rendahnya kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep menyusul sumber daya manusia yang...
Tulisan berjudul "ISPI Soroti Disdik Pematangsiantar di PSB" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Tuesday, 8 July 2014 (19:12)) pada kategori Info Organisasi, ISPI Cabang/Daerah. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.