Senyuman dan Lebaran

Sunday, 10 July 2016 (10:32) | 84 views | Print this Article

Oleh : Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ud.
Direktur TMI Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang, Pesantren Putri Pertama di Tangerang Selatan dan Kepala Madrasan Aliyah MAS Darunnajah 9

Seorang bijak mengatakan, “Senyuman tidak bisa membeli roti, namun dia bisa membeli jiwa”. Maha suci Allah dan Rasulnya yang menjadikan senyuman sebagai ibadah. Senyum yang mengembang dari seorang muslim kepada muslim lainnya mampu mempererat hubungan satu dengan yang lain.

Dalam suasana lebaran yang penuh dengan keberkahan ini sangat mudah bagi kita menemukan senyuman di wajah setiap orang. Tetapi apakah senyuman ini akan terus ada di sepanjang waktu? Terutama pasca lebaran telah berakhir? Bagaimana cara membuat orang lain agar tetap terus tersenyum?

Jawaban dari itu semua ada dalam diri kita, karena senyuman merupakan gambaran dari kejiwaan setiap manusia. Semakin kita bisa mengolah jiwa, maka akan semakin merekah senyuman di wajah kita. Dengan mengolah jiwa yangg melahirkan senyuman, seketika itu kita sudah membuat orang lain tersenyum, karena senyuman adalah cermin yang akan memantul kepada setiap manusia.

Senyuman kala lebaran yang menentramkan hati

Selain mengolah jiwa, untuk menghasilkan senyuman salahsatunya melalui saling berbagi. Dalam haditsnya, baginda  Rasul bersabda yang artinya saling memberi hadiahlah kamu, maka kamu akan saling mencintai. Melalui saling berbagi pula tumbuh kedekatan antara satu dengan lainnya. Ada semacam ikatan emosional yang akhirnya membawa kebahagiaan.

Maka tidak heran, di masa lebaran ini hampir setiap kita berkirim hadiah, baik makanan, minuman dan lainnya. Semoga hal ini tidak hanya menjadin ritual atau tradisi semata, tetapi menjadi spirit yang terus kita lakukam kapanpun, di manapun dan kepada siapapun.¬† Jadi, mari kita tebarkan senyuman…

Semoga!

Penulis dapat dihubungi melalui :
Tw:@darunnajah9
Fb:@darunnajah9pamulang
alhasanah.darunnajah.com

Tulisan lain yang berkaitan:

Tidak ada tulisan lain yang berkaitan!
Tulisan berjudul "Senyuman dan Lebaran" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Sunday, 10 July 2016 (10:32)) pada kategori Artikel, Curahan Hati. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.