Selamat Jalan Prof. Soedijarto

Sunday, 29 January 2017 (10:03) | 195 views | Print this Article

img-20170129-wa0003

KARANGAN BUNGA : Karangan bunga sebagai ungkapan belasungkawa dari Pengurus Pusat ISPI untuk almarhum Prof. Dr. H. Soedijarto, M.A. (Ketua Dewan Pembina ISPI periode 2014-2019).

Keluarga besar Ikatan sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) kembali kehilangan salah satu tokoh terbaiknya. Prof. Dr. H. Soedijarto telah berpulang ke Rahmatullah pada hari  ini,  Ahad,  29 Januari  2017 pada pukul 05.10 WIB di Rumah Sakit di Jakarta. Almarhum merupakan Ketua Umum ISPI periode 1998-2003, 2003-2008 dan Ketua Dewan Pembina ISPI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Dalam Wikipedia dijelaskan sosok almarhum ini.  Prof. Dr. H. Soedijarto, M.A. (lahir di Pemalang, Jawa Tengah, 17 Juli 1938; umur 78 tahun) adalah seorang akademikus[1] dan aktivis pendidikan Indonesia.[2] Memulai karier sebagai dosen di almamaternya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjadjaran,[3] Soedijarto kemudian menjabat pada sejumlah posisi di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga menjadi Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bonn, Jerman Barat (19831987), Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olah Raga periode 19911999, dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari Fraksi Utusan Golongan tahun 19992004.[4] Guru besar di Universitas Negeri Jakarta ini kini menjabat Ketua Dewan Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) periode 2014-2019.[5]

Ia menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjadjaran sampai dengan tahun 1962. Kemudian, ia mendapatkan gelar Master of Arts bidang Kurikulum dari University of California di Amerika Serikat pada tahun 1971. Adapun doktornya diselesaikan di IKIP Bandung pada tahun 1981.[4]

Penasihat Persatuan Guru Republik Indonesia[6] ini telah ikut memperjuangkan dunia pendidikan Indonesia.[7] Pemikiran dan gagasan ia di dunia pendidikan dapat dijumpai berupa makalah[8] dan buku.[9] Sepak terjangnya dalam mengkritisi berbagai persoalan pendidikan melalui organisasi ISPI kurun waktu 10 tahun masa jabatannya telah dimuat di beberapa media.

Kini sosok yang menjadi panutan itu telah pergi untuk selamanya. Ia berpulang ke rahmatullah dengan tenang pada hari  ini, Ahad, 29 Januari  2017 pada pukul 05.10 di Rumah Sakit. Beberapa bulan lalu Prof. Soedijarto sempat mengalami sakit dan harus mengalami perawatan yang intensif.

Selamat jalan Pak Profesor. Jasamu akan terus kami kenang selamanya.

Berikut beberapa bait do’a yang dilantunkan oleh para tokoh dan kolega beliau di ISPI.

Innalillahi wa innailaihi roji’un. Keluarga Besar ISPI turut berduka cita yg sedalam-dalamnya atas meninggalnya Prof. Sudjiarto, semoga almarhum Prof. Sudjiarto khusnul Khotimah, diterima di sisi Allah swt dan klg yg ditinggal diberi ketabahan. Aamiin Ya Robbal Alamin (Sunaryo Kartadinata, Ketua Umum ISPI)

Innalillahi wainaillaihi rojiun. Semoga khusnul khotimah ( Prof. Muchlas Samani, Mantan Rektor UNESA, Mantan Direktur Ketenagaan Ditjen Dikti Kemdikbud RI)

Semoga Almarhum diterima Iman dan Islamnya (Prof. Dr. H. Ahman, Sekum PP ISPI)

 Inalillahi wainailaihi rojiun..semoga arwah Prof Soedijarto menjadi ahli Surga…amiiin. (Prof. Dr. H. Udin S. Winataputra, Ketua Umum AP3KnI)

Innalillahi wa Innalillahi roji’un.  Ikut berbela sungkawa mendalam wafat Bapak Prof. Dr. Soedijarto.  Semoga diampuni segala dosa dan kesalahannya,  diterima segala amal baiknya sebagai amal ibadah, dijadikan kuburnya sebagai taman sorga. Keluarga yang ditinggalkan diberi keiklasan Dan kesabaran. Aamiinn. (Prof. Supriyono, Guru Besar Univeristas Negeri Malang).

Innaa lillaahi wainnaa ilaihi raaji’uun. Kami atas nama keluarga dan Keluarga Besar UNY ikut berduka sedalam2nya atas kembalinya ke rahmatullah Prof Dr Soedijarto, MA, semoga Almarhum husnul khaatimah, diampuni segala dosa2nya dan diterima amal baiknya, serta keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Aamiin. (Prof. Dr. H. Rohmat Wahab, Rektor UNY)

Innalillahi wa Innalillahi roji’un.  Ikut berbela sungkawa mendalam wafat Bapak Prof. Dr. Soedijarto.  Semoga diampuni segala dosa dan kesalahannya,  diterima segala amal baiknya sebagai amal ibadah, dijadikan kuburnya sebagai taman sorga. Keluarga yang ditinggalkan diberi keiklasan Dan kesabaran. Aamiinn. (Ir. Hendarman, M.Sc, Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Kemdikbud RI)

Semoga jiwanya beristirahat dalam damai bersama Sang Pencipta. Semoga keluarga yang ditinggalkan dihibur dan dikuatkan (Doni Koesoema A, Peneliti dan Konsultan Pendidikan)

Do’a juga disampaikan oleh Masyarakat ISPI, Forum FIP-JIP,  Forum Dewan Guru Besar UPI, Komunitas Dosen PPB UPI,  Forum Rembuk BK Nasional, Tim Pendidikan Karakter Kemdikbud,  Forum Prodi BK Indonesia,  Ikatan BK Sekolah dan masyarakat lainnya.

 

Tulisan lain yang berkaitan:

imgKesaksian para Tokoh Terhadap Almarhum Prof. Soedijarto (Sunday, 29 January 2017, 110 views, 0 respon) Ketokohan almarhum Prof. Soedijarto tidak diragukan. Ia dikenal sebagai tokoh pendidikan Indonesia sejati. Beberapa tokoh memberikan apresiasi atas...
imgKetua Dewan Pembina ISPI Menjadi Narasumber Diskusi Ijazah Palsu (Wednesday, 3 June 2015, 141 views, 0 respon) Soedijarto saat tampil menjadi narasumber Prof. Dr. H. soedijarto, M.A. Ketua Dewan Pembina PP ISPI periode 2014-2019 dan Mantan Ketua Umum PP ISPI...
imgCatatan Prof. Dr. H. Soedijarto, MA, Mengenai Kurikulum 2013 (Saturday, 17 January 2015, 446 views, 0 respon) Prof. Dr. Soedijarto, MA ketua dewan pembina PP ISPI Prof. Soedijarto adalah guru besar UNJ yang saat ini menjabat ketua Dewan Pembina ISPI. Ia juga...
imgDesain Manajemen Mengusahakan dan Menyelenggarakan satu Sistem Pendidikan Nasional Sesuai dengan UUD 1945 (Thursday, 15 August 2013, 1,880 views, 0 respon) Oleh Prof. Dr. H. Soedijarto, MA Ketua Dewan Pembina ISPI Makalah Utama dalam Seminar Nasional ISPI 2010 Pendahuluan Sengaja penulis mengubah judul...
imgSoedijarto, Sosok Aktivis Pendidikan Sejati (Wednesday, 28 December 2011, 750 views, 0 respon) Oleh: Deni Kurniawan As’ari Humas ISPI, Pengelolawww.ispi.or.id Prof. SoedijartoNamanya sangat singkat, Soedijarto. Mantan Ketua Umum ISPI dua...
Tulisan berjudul "Selamat Jalan Prof. Soedijarto" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Sunday, 29 January 2017 (10:03)) pada kategori Ucapan Selamat. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.