Pandemi Bikin Siswa Kehilangan Waktu Belajar, UNP Gelar Pra-Munas ISPI

Thursday, 13 January 2022 (12:05) | 27 views | Print this Article

Pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap pendidikan. Pasalnya siswa kehilangan waktu belajar (learning lost), sehingga pendidikan memiliki tantangan besar dan makin tertinggal dengan negara-negara lain.

Hal ini diungkapkan Dirjen Dikti Kemendikbudristek, Prof Nizam di saat membuka seminar nasional Pra- Munas Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) di UNP, dengan tema peran ilmu pendidikan dan profesi pendidik dalam pembangunan nasional, Sabtu (11/12).

Menurut dia, dengan belajar dari negara maju dan mengadopsi kearifan lokal pendidikan atau ajaran dari tokoh-tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara, akan bisa membuat pendidikan akan lebih dinamis.

“Untuk itu, ISPI perlu berperan dalam melakukan refleksi dan mengeksplorasi nilai-nilai luhur bangsa, kemandirian, kemampuan bernalar tinggi, kreatif, inovatif, semangat gotong-royong untuk memastikan generasi emas insan Pancasila yang sedang kita siapkan,” ujarnya.

Di sisi lain, Nizam meminta guru saat ini paham dan menguasai teknologi digital. Pasalnya era digital ini banyak informasi yang didapatkan melalui internet. Untuk itu, guru jangan mau tertinggal dalam mengauasai teknologi digital dibandingkan siswanya.

Rektor UNP Prof Ganefri menyampaikan, UNP bekerja sama dengan ISPI menggelar seminar nasional Pra-Munas ISPI VIII guna merumuskan kembali peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pada era kemajuan teknologi.

“Peran LPTK perlu direvisi agar tetap sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan di era industri 4.0 menuju masyarakat global 5.0,” katanya.

Ia mengatakan, dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era industri 4.0 ini telah menghasilkan suatu disrupsi profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

Ganefri mengemukakan seminar ini akan memberikan gambaran seperti apa tenaga pendidik masa depan yang harus disiapkan terutama untuk mendidik anak-anak yang semuanya sudah terkoneksi dengan dunia luar.

“Kita tahu saat ini belajar tidak perlu tempat, ruang, waktu. Kapan dan dimana saja bisa belajar, sumber belajar ada dimana-mana tidak hanya di kampus atau sekolah,” ucapnya.

Oleh sebab itu lanjutnya, institusi pendidikan juga harus siap mengkondisikan hal seperti itu karena dengan kemajuan teknologi saat ini, peran institusi pendidikan juga akan bergeser. Institusi pendidikan diminta harus bisa menyiapkan tenaga pendidik yang profesional yang mana peserta didik yang dihadapi saat ini sudah berbeda. (eko)

Sumber: https://padek.jawapos.com

Tulisan lain yang berkaitan:

imgTwibbon Munas ISPI VIII Resmi Diluncurkan (Wednesday, 20 April 2022, 110 views, 0 respon) Humas ISPI, BANDUNG – Panitia Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) ke-VIII resmi meluncurkan twibbon munas....
imgSeminar Pra Munas ISPI Lahirkan Gagasan Peningkatan Kompetensi Guru di Tengah Perkembangan Teknologi Informasi (Thursday, 13 January 2022, 21 views, 0 respon) KBRN, Padang: Pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap pendidikan karena anak-anak telah kehilangan waktu belajar ke sekolah. Dengan kondisi...
imgSeminar Pra-Munas ISPI ke VIII UNP, Peran Pendidikan Untuk Pembangunan (Thursday, 13 January 2022, 41 views, 0 respon) Iwosumbar.com, Padang-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam buka acara seminar...
Tulisan berjudul "Pandemi Bikin Siswa Kehilangan Waktu Belajar, UNP Gelar Pra-Munas ISPI" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Thursday, 13 January 2022 (12:05)) pada kategori Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.