Seminar Pra Munas ISPI Lahirkan Gagasan Peningkatan Kompetensi Guru di Tengah Perkembangan Teknologi Informasi

Thursday, 13 January 2022 (11:59) | 21 views | Print this Article

KBRN, Padang: Pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap pendidikan karena anak-anak telah kehilangan waktu belajar ke sekolah. Dengan kondisi itu, pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dan makin tertinggal dibanding negara-negara lain.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, Indonesia harus belajar dari negara maju dan mengadopsi kearifan lokal pendidikan. Untuk itu, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) perlu berperan dalam melakukan refleksi dan mengekplorasi nilai-nilai luhur bangsa.

“Tenaga pendidik harus menempa siswa agar mandiri, kemampuan bernalar tinggi, kreatif-inovatif, semangat gotong-royong sebagai bagian dari kultur timur di tengah budaya individualis yang datang dari barat. Tujuannya untuk memastikan generasi emas insan Pancasila yang sedang disiapkan,” ucapnya saat membuka Seminar Pra Munas ISPI di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu (11/12/2021).

Dalam kesempatan yan sama, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan, di era revolusi industri 4.0, telah dirasakan disrupsi di sektor pendidikan. Siswa bias belajar tanpa terbatas ruang dan waktu.

“Menilik kondisi itu, institusi pendidikan harus siap melahirkan tenaga pendidik atau yang memiliki kompetensi tambahan sesuai dengan kemajuan teknologi,” tuturnya.

Prof. Ganefri menjelaskan, melalui seminar ini dapat diberikan gagasan tertulis yang akan diusulkan dalam Munas ISPI mendatang.

Sementara itu Ketua ISPI pusat, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, menyampaikan ISPI secara intens mengawal penyelenggaraan pendidikan nasional sesuai amanat dalam pembukaan UUD 1945. Ekosistem pendidikan yang dibangun harus mengacu pada UUD 1945, selain itu mengacu pada perkembangan sistem tekonologi digital, tetapi pendidikan harus kokoh pada prinsip manusia Pancasila, melahirkan peserta didik yang memiliki kesadaran dan karakter baik religi dan kebangsaan.

Sumber: rri.co.id

Tulisan lain yang berkaitan:

imgTwibbon Munas ISPI VIII Resmi Diluncurkan (Wednesday, 20 April 2022, 110 views, 0 respon) Humas ISPI, BANDUNG – Panitia Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) ke-VIII resmi meluncurkan twibbon munas....
imgPandemi Bikin Siswa Kehilangan Waktu Belajar, UNP Gelar Pra-Munas ISPI (Thursday, 13 January 2022, 27 views, 0 respon) Pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap pendidikan. Pasalnya siswa kehilangan waktu belajar (learning lost), sehingga pendidikan memiliki...
imgSeminar Pra-Munas ISPI ke VIII UNP, Peran Pendidikan Untuk Pembangunan (Thursday, 13 January 2022, 41 views, 0 respon) Iwosumbar.com, Padang-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam buka acara seminar...
Tulisan berjudul "Seminar Pra Munas ISPI Lahirkan Gagasan Peningkatan Kompetensi Guru di Tengah Perkembangan Teknologi Informasi" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Thursday, 13 January 2022 (11:59)) pada kategori Kegiatan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.