Ketum PP ISPI Sampaikan Duka Cita Wafatnya Prof. Tjipto Subadi

Tuesday, 1 March 2022 (15:10) | 49 views | Print this Article

HUMAS PP ISPI, Bandung – Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si, Sekretaris II Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) periode 2014-2019 wafat, pada Selasa (1/3/2022), di Rumah Sakit, Solo. Ketua Umum PP ISPI, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu pengurus PP ISPI itu.

“Innalillahi wainalihi roji’un. Allahumagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’afuanhu. Seluruh jajaran pengurus dan keluarga besar ISPI menyampaikan rasa belasungkawa yang se dalam2nya atas meninggalnya Prof. Dr. Tjipto Subadi, semoga almarhun husnul khotimah dan keluarga yang ditinggal ada dalam lindungan Alloh subhanahu wata’ala dan diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Al Fathihah. Aamiin Ya Robbal Aalamiin,” ucap Ketua Umum PP ISPI, Sunaryo dalam pesan tertulis di WAG ISPI, Selasa (1/3/2022).

Tjipto Subadi dikabarkan meninggal dunia pada pukul 09.37. WIB melalui WAG ISPI oleh Sekretaris Umum PP ISPI, Prof. Dr. Ahman, M.Pd. Ia meninggal dunia karena sakit jantung di usia 68 tahun.

“Inggih Pak Deni, beliau gerah sawetawis wekdal, asring mlebet RS amargi jantung nuwun,” demikian informasi dari Prof Dr. Trisno Martono, selaku Ketua PD ISPI Provinsi Jawa Tengah. Penulis ratusan artikel di media massa itu sempat dilarikan ke rumah sakit.

Sejumlah tokoh turut menyampaikan do’a dan belasungkawa untuk almarhum. Diantaranya disampaikan Prof. Dr. Muchlas Samani (Ketua LAM DIK yang juga Dewan Pembina PP ISPI), Dr. Sofia Hartati, M.Si (Dekan FIP UNJ), Drs. Sutijono, M.M. (Mantan Rektor UNIPA Surabaya), Dr. Soeprijanto, M.Pd. (Sekretaris I PP ISPI), Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H., M.H., M.Si. (Guru Besar UPI) dan sejumlah tokoh pendidikan lainnya.

Semasa hidupnya, almarhum bersama Prof. Trisno Martono, M.M. aktif di PD ISPI Jawa Tengah. Duet keduanya telah menunjukkan kinerja terbaik. PD ISPI Jateng termasuk salah kepengurusan daerah yang aktif dalam kegiatan pendidikan dan memberikan kontribusi pemikiran pada perkembangan pendidikan di Jawa Tengah.

Saat musyawarah nasional ISPI ke VII tahun 2014 di Sidoarjo Jawa Timur, almarhum terpilih sebagai salah satu tim formatur yang turut menyusun kepengurusan pusat. Selanjutnya pada periode 2014-2019 ia mendapat amanat sebagai Sekretaris II PP ISPI.

Sosok ini termasuk memiliki karier yang lengkap. Ia pernah menjadi guru SD, kepala sekolah, hingga jadi anggota DPRD Jawa Tengah (1999-2004). Dosen Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS ini pada tahun 2018 berhasil meraih jabatan fungsional tertinggi sebagai guru besar Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

(Deni/Humas ISPI)

Tulisan lain yang berkaitan:

imgModel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo) (Friday, 19 December 2014, 1,009 views, 0 respon) Oleh : Dr. Tjipto Subadi Dosen pada Pendidikan Geografi, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Sekretaris III PP ISPI 2014-2019 Abstrak Tujuan...
Tulisan berjudul "Ketum PP ISPI Sampaikan Duka Cita Wafatnya Prof. Tjipto Subadi" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Tuesday, 1 March 2022 (15:10)) pada kategori ISPI Cabang/Daerah, Sosok, Ucapan Selamat. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.