LANGKAH CERDAS PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2011

Monday, 21 March 2011 (20:27) | 2,768 views | Print this Article

Oleh : Drs.Suaidin —Pengawas SMA/SMK Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat—

Setelah Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kemendiknas RI mendapat sorotan yang serius terhadap pelaksanaan ujian nasional sebelumnya, maka mulai tahun 2011 ini akan menerapkan kebijakan baru untuk mendukung formulasi penentuan kelulusan ujian nasional, salah satunya meniadakan ujian nasional (UN) ulangan, selain itu kelulusan siswa dari satuan pendidikan telah diperhitungkan hasil UN, hasil ujian sekolah, dan penilaian guru di sekolah sesuai dengan amanat UU No.20 thn 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, PP No.19 Th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan operasionalnya dituangkan dalam Permendiknas No.20 thn 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan .Ketiga komponen tersebut dirangkum dalam nilai gabungan yang memperhitungkan hasil ujian nasional dan ujian sekolah dengan rasio bobot 60% dan 40% . Untuk standarnya, pemerintah menggunakan batas nilai bawah kelulusan yaitu 5,5.

Dengan formulasi yang baru tersebut, kita berharap tingkat kelulusan juga semakin tinggi dan meningkat dari tahun sebelumnya karena siswa tidak dipotret sesaat melainkan di tiga tahun masa belajar .”Kita berpikir optimislah dengan formulasi nilai gabungan sekarang.

Dalam Formulasi baru Ujian Nasional ini, selain Pemerintah menentukan kriteria kelulusan dari nilai gabungan UN dan Nilai Sekolah, juga menetapkan kriteria lulus Ujian Sekolah diberikan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Karena itu ujian sekolah akan dilaksanakan oleh satuaan pendidikan itu sendiri sebelum Ujian Nasional. Yang lebih penting dan strategis yang perlu dipikirkan oleh sekolah, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas pendidikan Kabaupaten Kota, dan Pusat adalah langkah tindak lanjut UN setelah Ujian Nasional nanti. Mengingat arah UN sekarang adalah peningkatan mutu pendidikan dituangkan dalam Permendiknas No. 45 dan 46 Tahun 2010.

Mudah-mudahan formulasi baru ini akan menjadi standar dan tidak mengalami perubahan lagi di tahun-tahun mendatang. Kalau tiap tahun ganti sistem kapan perbaikan kualitas bisa dilakukan,

Apa Kegiatan Sekolah Dalam Menghadapi UN 2011?

1. Membedah SKL , menyusun Kisi-kisi soal Predikasi UN, melalukan telaah soal serta mengujicobakan kepada siswa minimal 2 kali dan hasilnya di analisis untuk mengetahui sejauh mana prosentase ketercapaian , baik ketercapaian KD yang di ajarkan guru maupun ketercapaian ketuntasan siswa secara individual dalam memahai Soal Ujian Nasoinal nanti.
2. Membentuk Tim atau memanfaatkan TPK disekolah masing-masing dan atau yang lebih bagus melakukan “Seminar UN dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan” diikuti oleh seluruh Kepala SMP/MTs/SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta serta para Ketua dan sekretaris MGMP mapel UN SMP/MTs/SMA/SMK/MA yang diprakarsai oleh MKKS dan MKPS bekerja saama dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota untuk menelaah Permen 45, 46 dan Pos UN 2011 bila perlu melibatkan LPMP.

3. Semua satuan pendidikan secara dini melaksanakan program sukses Ujian Nasional dan Ujian sekolah, dari pengadaan jam tambahan dan pembahasan soal-soal UN dan US pada siswa kelas 9 dan 12, hingga istigosah atau doa bersama secara rutin. Tentunya semua pihak menginginkan angka kelulusan di setiap satuan pendidikan mencapai 100%, juga naiknya rata-rata nilai UN dan US.
4. Semua sekolah yang yang mendapat stimulus dari pemerintah thn 2010 + CD yang berisi beberapa paket soal seyogyanya dapat digunakan di sekolah secara makasimal untuk latihan pada pesrta didik. Dan kepada para pengurus MGMP paket soal tersebut dapat menjadi bahan guna pengembangan kompetensi profesional para guru yang dilakukan di forum atau pertemuan masing-masing MGMP berkolaborasi dengan pengawas sekolah .

5. Bahwa kerja sama yang yang baik antara sekolah, masyarakt ,orang tua dapat terjalin dan ditumbuhkembangkan terus menerus

Selain itu tentang peningkatan peningkatan mutu pendidikan ini peranan Kepala Sekolah selaku manajer untuk demokratis dalam menerapkan semua kebijakan pemerintah ( Daerah dan Pusat) dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikaan, dan bersikap progresif dalam menerapkan program sekolah, dengan modal kecil tapi mampu mencapai manfaat yang sebesar-besarnya. Kreatifitas lokal para kepala sekolah dituntut dalam kerangka MBS(manajemen Berbasis Sekolah) dengan terus melibatkan peran serta orang tua siswa dan lingkungan sebagai mitra. Satuan pendidikan sebagai unit pelayanan publik juga dituntut senantiasa meningkatkan pelayanan yang bermutu dengan menerapkan asas keterbukaaan, dan pentingnya juga memhami bahwa ada 70% potensi peserta didik yang dapat dikembangkan di luar kapasitas akademik yang dikembangkan di sekolah sesuai jurusannya.  
       
APA YANG DILAKUKAN SISWA ?
Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya tentang adanya isu bocornya kunci jawaban dari ulah oknum yang tidak betanggung jawab maka di harapkan kepada semua siswa calon peserta ujian nacional (UN) thn 2011 agar  tidak terpengaruh dengan isu-isu tentang kunci jawaban soal UN yang beredar di tengah masyarakat. Siswa harus lebih percaya diri dan tidak mudah terpengaruh oleh iming-iming atau tawaran dari siapapun yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu siswa calon peserta UN harus mengutamakan kepercayaan diri yang kuat tidak perlu takut menhghadapinya, karena soal-soal UN adalah soal yang sesuai dengan KD yang sifatnya standar minimal yang sudah di ajarkan oleh guru nya di sekolah, yakinlah dan berpikir positflah, kalian pasti bisa !. sebagai motivasi ada Sembilan tips bagi siswa menghadapi UN 2011 : (1) Belajar dengan tekun, (2).Mengulangi mata pelajaran.(3).Bertanya kepada teman sejawat, orang tua atau guru jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. (4).Percaya diri. Percaya dengan kemampun diri sendiri. You can if you think you can.(5).Mencoba mengerjakan soal-soal ujian tahun yang lalu. (6).Berlatih menjawab soal-soal latihan yang ada di dalam buku pelajaran. (7). Berpikir positif dan bersikap sportif.(8)Menjaga kesehatan dengan cukup istirahat, olah raga, dan makan secara teratur. (9).Berdo’a kepada Allah

Sedangkan kepada para guru dan orang tua murid supaya memberikan dorongan dan motivasi kepada murid-murid untuk mempersiapkan ujian dengan sebaik mungkin demi kesuksesan anak-anak kita, generasi penerus bangsa.

Terkait dengan aturan Pelaksanaan ujian nasional tahun 2011 Permendiknas Nomor 45/2011 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46/2011 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA. Serta POS UN 2011 sbb :
1. Jenjang (SMA/MA/SMK) akan digelar pada 18-21 April 2011.
2. Adapun pelaksanaan UN (SMP/MTs) akan digelar pada 25-28 April 2011.
3. Untuk menentukan kelulusan yaitu
a.Nilai gabungan antara nilai UN dan Nilai Sekolah yang meliputi Ujian Nasional dan Nilai Rapor.  ”
b.Prestasi di sekolah (yaitu) Ujian Sekolah dan Raport digabung dengan UN
4. UN Susulan SMA/MA/SMK dilaksanakan pada 25-28 April 2011 dan
UN Susulan SMP/MTs pada 3-6 Mei 2011,
5.Pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011
6.sedangkan pengumuman UN SMP/MTs oleh satuan pendidikan pada 4 Juni 2011.
7.”UN kompetensi keahlian kejuruan SMK dilaksanakan oleh sekolah paling lambat sebulan sebelum UN dimulai,”
8.Sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas.
9.Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah. “Sekolah merekapitulasi dengan mata pelajaran lain. Kan ada tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus. Yang menentukan kelulusan tetap satuan pendidikan,”

10.Dari peta nilai akan dilakukan analisa tiap sekolah. Bagi sekolah-sekolah yang nilainya rendah, akan dilakukan intervensi. Kemdiknas pada 2010 telah mengintervensi dengan memberikan insentif kepada 100 kabupaten/kota yang nilai UN-nya rendah. “di beri dana Rp1 miliar sebagai stimulus,”Insentif tersebut diberikan bagi kabupaten/kota dengan persentase kelulusan siswa kurang dari 80 persen dan memiliki indeks kapasitas fiskal kurang dari satu (<1). Adapun intervensi program yang dilakukan meliputi peningkatan kompetensi guru dan remedial. Beberapa kiat yang disampikan penulis di atas yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah khususnya dalam menyiapkan seluruh siswanya sejak awal dan bagaimana Kepala Sekolah mampu memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing. Semoga tulisan sederhana ini dapat menambah wawasan dan kesiapan semua satuan pendidikan di Kabupaten/ kota khususnya di kabupaten Dompu dalam menghadapi Ujian Nasional 2011 dengan hasil yang dapat dibanggakan sebagai bukti adanya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Dompu yang terpuruk diurutan 8 dari 9 kabupaten di NTB, Ya tentunya  kita berharap sukses penyelenggaran dengan mnjunjung kejujuran dan juga sukses hasil dapat terus diperoleh setiap tahun sebagai dampak dari meningkatnya profesionalitas dan kinerja para guru, kepala sekolah dan pengawas. Tentunya hal ini harus ditunjukkan oleh para guru profesional sebagai jawaban tentang keraguan banyak fihak terhadap dampak sertifikasi guru. Semoga.....

Tulisan lain yang berkaitan:

imgAncaman Malapraktek dan Kriminalissasi Guru Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia (Tuesday, 6 December 2016, 758 views, 0 respon) Oleh : Suaidin Usman Seorang Praktisi Pendidikan Indonesia, Pengawas SMA/SMK Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat dan Anggota ISPI Suaidin...
imgAndaikata Ujian Nasional Online Akan Terjadi (Thursday, 18 July 2013, 321 views, 0 respon) Oleh: Sefrianus Jemandu, S.Pd Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM-3T 2013 Universitas Negri Malang Tulisan ini membahas kembali...
imgUpaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran CTL Melalui Pelatihan Model “Klasemen ” Bagi Guru-guru SMP/SMA/SMK di Kabupaten Dompu Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010-2011 (Friday, 9 March 2012, 5,597 views, 0 respon) Oleh : Drs. SUAIDIN USMAN Pengawas SMA/SMK Kabupaten Dompu, NTB dan Anggota ISPI Abstract. Contextual Teaching Learning (CTL) is a concept of...
imgMEMOTRET ULANG UJIAN NASIONAL (Saturday, 4 June 2011, 450 views, 887 respon) Oleh: Yusuf Nugraha, S.Pd ——-Guru MTs Al Hidayah Citaringgul, Bogor Ujian nasional menjadi semacam ‘perayaan tahunan’ dalam dunia...
Tulisan berjudul "LANGKAH CERDAS PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2011" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Monday, 21 March 2011 (20:27)) pada kategori Artikel. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0.
Anda juga bisa memublikasikan tulisan ini melalui jejaring sosial/web berikut:
FacebookTwitterStumbleDigg itRedditTechnoratiBlinklist
DesignfloatDiigoMixxMeneameFurlMagnolia

35 Responses to "LANGKAH CERDAS PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2011"

  1. sarastiono says:

    Dibuat seperti apapun model, bentuk dan parameternya (UN) sekali lagi diperlukan KEJUJURAN…

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @sarastiono,
    Nilai sebuah kejujuran adalah merupakan roh dari imlementasi sebuah kebijakan yang harus menjadi komitmen bersama mulai dari level makro sampai berujung di level mikro pendidikan. namun tetaplah optimis dan percayalah bahwa formulasi baru UN 2011 berdanpak positi terhadap upaya peningkatan mutu proses pembelajaran di sekolah. semoga….

    [Reply]

    Humas Reply:

    @suaidin, setuju!

    [Reply]

  2. Ayo tetap semangat bapak/ibu guru, tunjukkan bahwa guru dan peserta didik tetap serius menempuh unas 2011….

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @syaiful rohman, Yuk wahai para sang guru prajurit pendidikan…majulah dan majukah,tak gentar, tak usah berkecil hati lagi , tingkatkan kualitas proses pembelajaran,karena Nilai ulangan harian,nilai ulangan tenga semester, nilai ulangan semester dan nilai ujian sekolah sudah berkontribusi dalam penetusn kelulusan siswa di sekolah walau hanya di nilai 40%. Tinggalkan trauma UN masa lalu, cukup jadikan sebuah kenangan. ayo sang guru bagkitalah lebarkan sayap menuju pembelajaran yang inovatif.

    [Reply]

    Humas Reply:

    @suaidin, mantap!

    [Reply]

  3. dwivin says:

    langkah cerdas yang bagus jika prosedur itu dilaksanakan dengan sungguh sungguh, InsyaAllah pasti hasilnya akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @dwivin,
    Semoga aja..insya allah. Amiiin

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @suaidin,
    asw.Bu DwiVin …, wah kapan gabung di ISPI,,,,

    [Reply]

    Humas Reply:

    @suaidin, semuanya gabung di ISPI. Aktifkan ISPI NTB Pak Suaidin…salam untuk bapak dan keluarga.

  4. Ayo saudara-saudaraku semuanya…mari kita laksanakan UN 2011
    DENGAN CARA NENGHINDARI PENYAKIT K-3 ( KUTIL, KURAP, KUDIS )
    kalau kita hindari penyakit ini dan titambah dengan 3 sipat baik yaitu ( JUJUR – SABAR – TENANG ) Insya Allah UN 2011 sukses !

    [Reply]

    Humas Reply:

    @SAHARUDDIN, S.Pd, ayo!

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @SAHARUDDIN, S.Pd, Ayo maju trusssssssss sang pahlawan…..tinggalkan trauma UN masa lalu, mari sukseskan formulasi baru UN 2011 yang berkualitas dengan mosal “SIAP” = Sabar – Ikhlas – Amalan – Peduli ” . ayo pak guru pahlawan pendidikan tingkat kelulusan 100% terbuka lebar bagi anak didik kita. hehe…tapi serius lho…????.

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @SAHARUDDIN, S.Pd, Ayo maju trusssssssss sang pahlawan…..tinggalkan trauma UN masa lalu, mari sukseskan formulasi baru UN 2011 yang berkualitas dengan mosal “SIAP” = Sabar – Ikhlas – Amalan – Peduli ” . ayo pak guru pahlawan pendidikan tingkat kelulusan 100% terbuka lebar bagi anak didik kita. hehe…tapi serius lho…????.

    [Reply]

    suaidin Reply:

    @SAHARUDDIN, S.Pd, Ayo maju trusssssssss sang pahlawan…..tinggalkan trauma UN masa lalu, mari sukseskan formulasi baru UN 2011 yang berkualitas dengan mosal “SIAP” = Sabar – Ikhlas – Amanah – Peduli ” . ayo pak guru pahlawan pendidikan tingkat kelulusan 100% terbuka lebar bagi anak didik kita. hehe…tapi serius lho…????.

    [Reply]

  5. saya punya satu tips lagi biar mudah menghadapi ujian nasional tahun 2012/2013, belajar saja di http://id.gameforsmart.com/ seru deh pokoknya, selain untuk siswa, guru,sekolah,kabupaten,provinsi,orangtua pun bisa menggunakannya, ya untuk mnegevaluasi siswanya.

    sekalian mau saya infokan kalau di situs http://id.gameforsmart.com/ ini diadakan lomba cerdas cermat online se-jawatimur seri 2, untuk jenjang SD dan SMP, terakhir bulan februari 2013, cepetan gan, keburu terlambat.

    [Reply]

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. Money Making Guide…

    If you need a good to check great money making guide and want to know how to make money on internet then visit my site….

  2. Lavoro per il domani – uno sguardo di Yesturdays ad alcuni esempi…

    È stato indicato questo esempio, via arnold Messer sopra Facebook e credilo per essere molto informativo ed ugualmente il punto…

  3. Trackback Link…

    […]Here are some of the sites we recommend for our visitors[…]…

  4. breast says:

    Lavoro per il domani – uno sguardo di Yesturdays ad alcuni esempi…

    Notato appena questo esempio, via jon hardvalder sopra Facebook e trovato esso per essere molto informativo ed ugualmente il punto…

  5. my url says:

    … [Trackback]…

    […] Find More Informations here: ispi.or.id/2011/03/21/langkah-cerdas-persiapan-ujian-nasional-2011/ […]…

  6. Our Trackback link…

    […]the following are a couple of urls to web pages I always connect to since we feel they’re worthy of checking out[…]…

  7. … [Trackback]…

    […] There you will find 78154 more Infos: ispi.or.id/2011/03/21/langkah-cerdas-persiapan-ujian-nasional-2011/ […]…

  8. … [Trackback]…

    […] Read More Infos here: ispi.or.id/2011/03/21/langkah-cerdas-persiapan-ujian-nasional-2011/ […]…

  9. nutricion says:

    ISPI | Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia Pusat…

    I’m impressed, I need to say. Actually rarely do I encounter a weblog that’s both educative and entertaining, and let me tell you, you might have hit the nail on the head. Your thought is excellent; the problem is one thing that not sufficient person…

  10. A regulation organization is actually a group entity formed by 1 or a full excellent offer drastically much more lawyers to interact as a result of the implement of regulation…

    It’s really a great and helpful piece of info. I’m glad that you shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thank you for sharing….

  11. portarollo says:

    ISPI | Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia Pusat…

    This is a great blog, would you be interested in doing an interview about how you developed it? If so e-mail me!…

  12. Check These Out…

    […]check below, are some totally unrelated websites to ours, however, they are most trustworthy sources that we use[…]…

  13. Looking around…

    While I was surfing yesterday I saw a excellent post about…

  14. Steinway says:

    […]The information mentioned in the article are some of the best available […]……

    […]below you’ll find the link to some sites that we think you should visit[…]……

  15. […]always a big fan of linking to bloggers that I love but don’t get a lot of link love from[…]……

    […]just beneath, are numerous totally not related sites to ours, however, they are surely worth going over[…]……

  16. […] that is the end of this article. Here you’ll find some sites that we think you’ll appreciate, just click the links over[…]……

    […] Every once in a while we choose blogs that we read. Listed below are the latest sites that we choose […]……

  17. […]the time to read or visit the content or sites we have linked to below the[…]……

    […]here are some links to sites that we link to because we think they are worth visiting[…]……

  18. […] that is the end of this article. Here you’ll find some sites that we think you’ll appreciate, just click the links over[…]……

    […] Every once in a while we choose blogs that we read. Listed below are the latest sites that we choose […]……



Komentar Anda?

«
»