EWA, Sang Dosen yang Produktif Menulis Buku

Sunday, 31 August 2014 (09:04) | 440 views | Print this Article

Oleh : Deni Kurniawan As’ari
(Redaksi web dan humas ISPI)

Ersis Warmansyah Abbas

Redaksi ISPI kembali menurunkan profil sarjana pendidikan isnpiratif. Kali ini seorang dosen yang sangat produktif menulis dan terutama menulis buku. Di tengah banyaknya dosen yang macet menulis buku, maka Ersis Warmansyah Abbas atau lebih akrab dipanggil EWA menjadi pembeda. Ia membuktikan bahwa profesinya sebagai akademisi tidak menghalanginya untuk menulis dan menulis. Bukunya yang telah diterbitkan sudah demikian banyak dan diantaranya ditulis secara berseri. Ide menulisnya seolah tak pernah kering. Ada saja buku yang berhasil diterbitkan dari tangan dinginnya. Bukunya pun bervariasi baik fiksi maupun nonfiksi. Lelaki paruh baya yang lahir di Muaralabuh, Solok Selatan, pada 15 November 1957 itu sehari-harinya berprofesi sebagai dosen pada FKIP Unlam Banjarmasin, Kalsel.

Rekannya sesama dosen, Fatchul Mu’in menulis di blog pribadinya mengenai sosok ini. “Daya rekam dan daya simpan EWA bagus, bahkan sangat bagus. Sehingga, ketika suatu saat dia ingin memanggil kembali memorinya, dia begitu lancar. Dalam waktu kurang dari dua jam, dia mampu menghasilkan sebuah artikel, bahkan bisa lebih. Bagi saya, itu tak mungkin,” ungkapnya dan kekagumannya itu ditulis di SKH Radar Banjarmasin pada 23 Januari 2006.

Pendidikan EWA diawali SDN 1 Muaralabuh kemudian melanjutkan ke PGAN 6 Tahun Padang, PGAN 4 Tahun Muaralabuh. Kesarjanaannya dari Sarjana Muda (BA) Pendidikan Sejarah IKIP Padang (1978), kemudian melanjutkan Sarjana Pendidikan (Sejarah) IKIP Yogyakarta (1980). Pendidikan S2 dan S3-nya diselesaikan di UPI pada Magister Pendidikan (Pengembangan Kurikulum)(1995) dan Doktor Pedidikan (IPS) (2013). Yang menarik EWA juga sempat kuliah di FK Filsafat UGM (1982), dan alumnus Pendidikan (Kursus) Teori, Metodologi dan Aplikasi Antropologi UGM (1993).

Tulisannya dimuat beberapa jurnal, dan atau dipresentasikan pada berbagai seminar, baik di dalam maupun di luar negeri, misalnya pada 5th UPSI-UPI Conference on Education, Selangor Malaysia (2012). Untuk mendukung dan mengembangan keprofesionalannya, Presiden Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan (LPKPK), Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Kalimantan Selatan (LPPPKS), dan Pusat Studi Sejarah dan Nilai Budaya Kalimantan Selatan (PSNBKS) tersebut mengikuti berbagai seminar dan workhsop dalam berbagai bidang dan melakukan kerja sama penelitian dengan Asia Foundation, PT Djarum Kudus, Pemkab, Pemko dan Pemprov Kalimantan Selatan serta instansi lainnya.

Ratusan tulisannya dimuat berbagai media cetak, antara lain HU Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaharuan, Kedaulatan Rakyat, Berita Nasional, Jayakarta, Pelita, Bandung Pos, Haluan, Radar Banjarmasin, Dinamika Berita, Banjarmasin Pos, Bandjarbaroe Post, Sinar Kalimantan dan media cetak lainnya.

Pemimpin Umum Bandjarbaroe Post dan majalah GAGAH ini mengusung prinsip: Tulis apa yang ada di pikiran bukan memikirkan apa yang akan ditulis. Tulis apa yang hendak ditulis, pasti jadi tulisan. Publikasi harian tulisannya dapat diikuti melalui www. ersisweb.com dan facebook Ersis Warmansyah Abbas. Sebagai penyaluran kehendak menulis dan memotivasi berbagai kalangan untuk menulis, Ersis mendirikan dan mengembangkan Gerakan Persahabatan Menulis (GPM) berbasis dunia maya yang cabang daratnya berkembang di kota-kota Indonesia dengan pelibat di Singapura, Taiwan, Hongkong, Mesir, dan berbagai Negara lainnya. GPM wilayah melakukan kegiatan menulis dan telah menerbitkan puluhan buku dan untuk itulah sering bepergian ke berbagai kota dalam lakon sharing menulis atau pelatihan menulis.

Sebagian Buku Karya EWA

Ersis Warmansyah Abbas telah menerbitkan beragam buku dengan berbagai tema. Tentang Menulis bukunya yaitu Menulis Sangat Mudah (Mata Khatulistiwa :2007), Menulis Mari Menulis (Mata Khatulistiwa : 2007) Menulis dengan Gembira (Gama Media : 20080, Menulis Berbunga-Bunga (Gama Media : 2008), Virus Menulis Zikir Menulis (Gama Media :20080, Menulis Mudah: Dari Babu Sampai Pak Dosen (Gama Media :2008), Menulis Tanpa Berguru (Gama Media : 2009), Menulis Membangun Peradaban (Gama Media :2009), ‘Jatuh Cinta’ Menulis (Wahana Jaya Abadi :2011), Indonesia Menulis. (Wahana Jaya Abadi : 2011), Suer, Menulis Itu Mudah (Elex Media Komputindo, KK Gramedia : 201), Percaya Ngak Percaya, Menulis Itu Mudah (Wahana Jaya Abadi : 2012), Nyaman Membaca Mudah Menulis (Wahana Jaya Abadi : 2013), Mudah Menulis Memudahkan Menerbitkan Buku (Wahana Jaya Abadi : 2012), Menulis Menyenangkan (Wahana Jaya Abadi :2012), Menulis Mudah Memudahkan Menulis (Wahana Jaya Abadi : 2013), dan Indonesia Menulis: Perjalanan Spiritual (Wahana Jaya Abadi, Bandung: 2013).

Adapun bukunya yang bertema fiksi meliputi Surat Buat Kekasih, antologi Puisi (Gama Media : 2006), Garunum, antologi puisi bersama (Gama Media : 2006), Taman Banjarbaru, antologi puisi bersama, (Gama Media: 2006), Kolaborasi Nusantara, Antologi Puisi Bersama (Gama Media : 2006), Tajuk Bunga, antologi puisi bersama, Gama Media : 2006), ASAP (Novel) (Wahana Jaya Abadi : 2010), Menjaring Cakrawala (Wahana Jaya Abadi : 2011), Zikir Rindu (Wahana Jaya Abadi : 2011), Deru Awang-Awang (Wahana Jaya Abadi : 2012, Senyawa Kata Kita, antologi puisi bersama (Wahana Jaya Abadi : 2012), Astagfirullah, Antologi Cerpen (bersama) (Wahana Jaya Abadi : 2012), Bogor Kasohor, Antologi Puisi (bersama) (Wahana Jaya Abadi : 2012).

Bukunya yang bergenre Motivasional Spritual diantaranya Nyaman Memahami ESQ (Gama Media : 2005), Sabar, Ikhlas, dan Bersyukur: Melejitkan Potensi Diri (Wahana Jaya Abadi :2013).

Sedangkan karya buku tentang Buku Ajar, Pemikiran dan Penelitiannya sebagai berikut. Pemuda dan Kepahlawanan (Materpamur : 1988), Bab-Bab Antropologi Penyunting tulisan Fudiat Suryadikara (EWA Book Company :1996), Memahami Sejarah (Banjarmasin : EWA Book Company :1997), Pembangunan Kalimantan , Penyunting tulisan Ismet Ahmad. (Banjarmasin: EWA Book Company :1998), Perjuangan Rakyat Kabupaten Banjar dalam Revolusi Fisik 1945-1949 (Martapaura: Pemkab Banjar dan LPKPK :2000), Tanah Laut: Sejarah dan Potensi (Pelaihari: Pemkab Tanah Laut dan LPKPK : 2000), Data Dasar Banjarbaru: Banjarbaru Menuju Metropolitan (Banjarbaru Pemko Banjarbaru dan LPKPK : 2002), Banjarbaru (Banjarbaru: Pemko Banjarbaru dan LPKPK : 2002), Menguak Atmosfir Akademik , Penyunting bersama Sutarto Hadi (Banjarmasin: FKIP Unlam : 2004), Menggugat Kepedulian Pendidikan Kalimantan Selatan (Banjarbaru: LPKPK : 2005), Sejarah Kotabaru (Rekayasa Sains : 2010) , Bandarmasih: Primadona Kota Air (Rekayasa Sains : 2010), Mewacanakan Pendidikan IPS, Penyunting (Wahana Jaya Abadi dan FKIP-Unlam Press : 2013), Pendidikan Karakter, Penyunting (Niaga Sarana Mandiri dan FKIP-Unlam Press : 2014).

Karya bukunya mengenai biografi tercatat diantaranya Kenangan Purna Tugas M.P. Lambut (Editor Bersama) ( Banjarmasin: FKIP Unlam : 2003), Rudy Resnawan: Untukmu Banjarbaru (Rekayasa Sains : 2010), Guru Sekumpul : Biografi Pendidikan Profetik (Wahana Jaya Abadi : 2014), Guru Sekumpul (Wahana Jaya Abadi : 2014).

Buku bertema bebasnya Masa Kecil Yang Tak Terlupakan (Bersama) ( Bintang Sejahtera : 2011), Cinta Pertama: Kisah-Kisah Cinta Berhikmah (Wahana Jaya Abadi :2012). Selain itu masih banyak naskahnya yang dalam proses penerbitan.

EWA Bersama Keluarga Bahagianya

Kepiawaiannya dalam menulis menjadikan doktor jebolan UPI ini aktif memberikan pelatihan seputar kepenulisan. Beberapa instansi dan lembaga yang mengundang sosok ini diantaranya Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, KAMMI Kalsel, Radio MQFM Bandung, Tahajud Call Bandung, Masjid Salman ITB Bandung, UIN Malang, Malang Post Malang, Universitas Pakuan Bogor, IAIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Institut Keislaman Hasyim As’ari Jombang, Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru, Pesantren Sidogiri Pasuruan, Pesantren Banyuanyar Pamekasan, SMA/MA, dan berbagai insitusi lainnya. Pribadinya yang senang berbagi pengalama menambah plus dari sosok satu ini.

Dengan melihat karya bukunya yang bejibun, maka redaksi web ISPI mengapresiasinya sebagai sarjana pendidikan yang inspiratif. Semoga kiprah dan karya beliau ini akan menginspirasi para sarjana pendidikan untuk menulis buku terutama bagi sebagian sarjana pendidikan yang merasa menulis buku masih menjadi sesuatu yang berat.
***

Tulisan lain yang berkaitan:

imgKepsek yang Rajin Ngeblog Raup Ratusan Juta (Saturday, 29 November 2014, 247 views, 3 respon) Oleh : Deni Kurniawan As’ari Humas ISPI Dedi Dwitagama Di kalangan blogger guru, nama Dedi Dwitagama sudah tidak asing.  Beliau seorang kepala...
imgEko Hastuti, Sarjana Pendidikan yang Aktif Mengelola Perpustakaan Srikandi (Thursday, 17 April 2014, 443 views, 14 respon) Oleh : Deni Kurniawan As’ari Redaksi web ISPI dan Humas ISPI Eko Hastuti Redaksi web ISPI kembali menurunkan profil sarjana pendidikan yang...
imgDyah Budiarsih : Pengawas Jangan Hanya Sebagai Penonton (Monday, 17 February 2014, 1,466 views, 10 respon) Oleh : Deni Kurniawan As’ari Redaksi web ISPI dan Humas ISPI Atas : Dyah Budiarsih saat menerima piagam penghargaan juara 1 Pengawas...
imgMenjadi Guru Inspiratif, Tekad dari Sawali Tuhusetya (Monday, 3 February 2014, 648 views, 1 respon) Oleh : Deni Kurniawan As’ari Redaksi web ISPI dan Humas ISPI Sawali Tuhusetya Admin ISPI—–Dalam rangka menginspirasi para sarjana...
Tulisan berjudul "EWA, Sang Dosen yang Produktif Menulis Buku" dipublikasikan oleh Admin ISPI (Sunday, 31 August 2014 (09:04)) pada kategori Kegiatan, Media, Sosok. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0.
Anda juga bisa memublikasikan tulisan ini melalui jejaring sosial/web berikut:
FacebookTwitterStumbleDigg itRedditTechnoratiBlinklist
DesignfloatDiigoMixxMeneameFurlMagnolia

3 Responses to "EWA, Sang Dosen yang Produktif Menulis Buku"

  1. eko hastuti says:

    Wouw, luar biasa…! Hebat…keren banget. Sangat inspiratif Pak! Jadi ngiler pingin nulis buku. Alhamdulillah, aku sudah punya tiga judul karya Bapak, kiriman dari Pak Akung Krisna. Bukunya bisa untuk referensi mengajar ekstrakurikuler Jurnalistik. Alhamdulillah, anak-anak binaanku jadi bersemangat belajar menulis. Makasih Pak EWA, salam kenal. Makasih bukunya juga

    [Reply]

    Deni Kurniawan As'ari Reply:

    @eko hastuti, Saya setuju. Beliau sosok dosen luar biasa. Jarang sekali rasanya yang produktif menulis buku seperti itu.

    [Reply]

  2. postku says:

    informasinya juara, edukatif dan menginspirasi

    [Reply]

Komentar Anda?

«
»